INSPIRASI DARI SEBUNGKUS KUACI : (Kuaci dan manfaatnya)

6 Feb

Memang benar perkataan orang-orang sukses, bahwa “inspirasi itu bisa datang dari mana saja”. Termasuk hal yang satu ini. Bermula dari sebungkus kuaci yang menjadi cemilan dan menjadi teman baik ketika begadang. Ya, kwaci dipilih karena harganya yang murah, dan isinya yang banyak (karena kecil-kecil) sehingga bisa menciptakan kebersamaan ketika begadang diantara teman. Inspirasi muncul seketika saat mulai memakannya, rasanya yang unik membuat saya penasaran. Akhirnya, muncul niat berselancar di dunia maya mencari info tentang cemilan yang satu ini, berikut infonya :

KUACI

Apa sih kuaci itu?

Kuaci bagi sebagian orang dikenal sebagai biji dari bunga matahari yang tentunya telah mengalami berbagai proses pengolahan sehingga bisa dimakan. Ya, memang benar, kuaci memang merupakan makanan olahan dari tanaman bunga matahari yang berasal dari bijinya. Bagian terpenting dari kuaci terdapat pada bagian dalam/daging biji yang disebut dengan istilah kotiledon. yang sering kita makan. Tanaman bunga matahari sendiri berasal dari Meksiko dan Peru dan mulai menyebar ke berbagai dunia sekitar tahun 1700-an. Tanaman bunga ini kemudian dibudidayakan secara besar-besaran di berbagai wilayah seperti Jerman, Perancis, Rumania, Bulgaria, Rusia, Hongaria, dan Amerika Serikat. Kuaci sendiri masuk ke Indonesia sekitar tahun 1907, yang diperkenalkan oleh para ahli pertanian Belanda.

Awalnya, sebenarnya tanaman bunga matahari hanya dibudidayakan sebagai tanaman hias. Namun perlahan bijinya mulai diolah dan dimanfaatkan sebagai kuaci untuk dimakan, lalu semakin berkembang hingga menjadi sumber minyak untuk produk kosmetika.

Kandungan gizi dan manfaat kuaci bagi tubuh.

Dibalik harganya yang murah dan bentuknya yang kecil, ternyata kuaci memiliki banyak manfaat dan gizi yang baik untuk kesehatan kita. Dalam tiap buah kuaci kecil yang kita makan (yang berasal dari biji bunga matahari) terdapat berbagai kandungan berikut :

1. Vitamin B1 (thiamin)  : bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan berguna bagi kesehatan kulit dan rambut serta menghindarkan kita dari komplikasi kardiovaskular.

2. Vitamin B5 : memiliki manfaat yang baik untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dan merawat kulit.

3. Vitamin E : membantu menjaga kesehatan kulit (menghaluskan dan membantu regenerasi sel), menyehatkan rambut, dan mata, bermanfaat pula untuk meningkatkan detoksifikasi tubuh, mencegah kanker, mengurangi asma, osteoarthritis, rematik, mengurangi resiko terkena kanker usus besar, komplikasi diabetes, dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah

4. Asam folat : mengurangi resiko penyakit jantung koroner, bagi ibu hamil dapat mengurangi resiko cacat syaraf pada bayi, menguatkan sisitem kekebalan tubuh,

5. serta berbagai macam mineral seperti mangan, fosfor, selenium, kalium, kalsium, natrium, magnesium, hingga tembaga yang banyak bermanfaat bagi tulang dan peredaran darah.

Wuih, kuaci cocok dengan istilah “kecil-kecil cabe rawit” dibalik bentuknya yang kecil ternyata mengandung banyak manfaat yang besar pengaruhnya untuk tubuh.

Penyebaran kuaci

Karena harganya yang sesuai dengan kantong, kuaci telah menjelma menjadi makanan/cemilan umum bagi semua tingkatan status sosial masyarakat, sehingga tak heran jika kuaci begitu populer di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, tetapi kuaci juga ternyata dikonsumsi di seluruh dunia. Menurut data yang diambil dari Food and Ariculture Organization of The United Nations tahun 2005, disebutkan bahwa ”negara produsen kuaci terbesar adalah Rusia, disusul oleh Ukraina, Argentina, China, India, Amerika, Turki, Bulgaria, Afrika Selatan, dan Serbia”.

Wah, kuaci memang makanan yang istimewa, dibalik bentuknya yang mungil ternyata menyimpan banyak manfaat. Kuaci juga menjadi cemilan yang merakyat karena dengan harganya yang murah kita bisa mendapatkan banyak kuaci, sehingga tidak asing bagi masyarakat sebagai teman begadang dan menjadi pembentuk kebersamaan diantara teman. Sensasi tersendiri juga bisa kita dapatkan ketika memakannya, “perlu perjuangan untuk bisa mengambil sebuah kenikmatan yang dibalut kulit keras kuaci” hahahaha. Mari kita makan cemilan sehat!!!

Sumber :

http://www.artikelterbaik.com/manfaat-asam-folat-dan-pentingnya-bagi-tubuh/

http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Nutrition&y=cybershopping|0|0|6|516

Indra Prasetyo
06-02-12

2 Tanggapan to “INSPIRASI DARI SEBUNGKUS KUACI : (Kuaci dan manfaatnya)”

  1. siti 30 Desember 2012 pada 3:48 PM #

    suka banget kuaci .. ternyata kesukaan aku tidak salah karena bnyak manfaat nya
    tq atas info nya🙂

    • indrasnotes 31 Desember 2012 pada 2:48 PM #

      hahaha…ia sama-sama.

      tapi ingat, segala sesuatu yang berlebihan juga nggak baik lhoo, jadi makan kuacinya juga jangan kebanyaka ya!

      salam
      Indrasnotes

Tinggalkan jejak anda pernah berkunjung

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: