TRADISI PERAYAAN VALENTINE DI BEBERAPA NEGARA DI DUNIA

16 Feb

Setelah mengetahui bagaimana sejarah hari Valentine (yang belum membaca) klik https://indrasnotes.wordpress.com/2012/02/15/sejarah-hari-velentine/ sebagai informasi tambahan akan saya berikan sekilas mengenai gambaran tentang berbagai perayaan Valentine di beberapa negara di dunia. Penasaran? Langsung saja baca infonya dibawah ini :

Perayaan hari Valentine di Austria
Di Austria ada sebuah tradisi masa perkenalan, yang sama artinya dengan hari valentine yang selama ini kita tahu. Pada tradisi ini para muda mudi menunjukkan cinta mereka dengan memberikan bunga yang beraneka ragam kepada pasangannya masing-masing untuk memperingati hari valentine.

Perayaan hari Valentine di Denmark
Valentine di Denmark menjadi salah satu perayaan yang ditunggu muda mudi yang tinggal disana, berbagai acara yang sudah menjadi tradisi selalu mewarnai perayaan Valentine disana. Tradisi-tradisi yang sering dilakukan disana antara lain :

  • Lover Card. Kartu yang terbuat dari bahan yang transparan ini jika di dekatkan lampu akan terlihat gambar pengirim dengan hadiah ditangannya (seperti tanda air pada uang kertas).
  • Bunga putih. Bunga ini menjadi simbol cinta di Denmark. Bunga yang dikenal sebagai punga putih sebenarnya adalah bunga snowdrop. Bunga ini menjadi salah satu benda khas yang sering dibagikan saat Valentine. Bukan hanya kepada pasangan, bunga ini juga diberikan kepada teman dekat dan keluarga.
  • Joke letter. Bagi pria Denmark, mereka mempunyai tradisi sendiri yang hanya diperuntukan untuk kaum Adam saja. Mereka menulis puisi lucu (Gaekkebrev) yang selanjutnya akan diberikan pada wanita yang  disukai. Dalam puisi tersebut, si cewek harus bisa menebak nama pengirimnya. Untuk menebaknya para wanita akan diberikan petunjuknya berupa satu huruf dari pengirimnya. 

Perayaan hari Valentine Amerika
Perayaan valentine di Amerika ditandai dengan saling bertukar kartu antara satu dengan yang lainnya. Berbagai jenis kartu yang diberikan saat perayaan hari Valentine beredar setiap tahunnya. Selain kartu-kartu yang dihias dengan indah dan berisi kata-kata asmara, tapi ada juga yang berisi cerita humor. Karena hal itu, orang-orang disana sebisa mungkin berkreasi sendiri membuat kartu valentine untuk diberikan pada orang-orang tercinta, sehingga kartu ucapan yang beredar begitu beraneka macam.

Perayaan hari Valentine di Inggris
Di Inggris, saat hari valentine tiba, majalah-majalah setempat akan dihiasi dengan berbagai rangkaian kata indah yang berupa soneta dan puisi. Dengan puisi, mereka menyalurkan rasa cinta mereka kepada pasangan masing-masing.

Perayaan hari Valentine Perancis
Di Perancis ada sebuah tradisi unik untuk merayakan hari valentine. Para lanjang masuk rumah masing masing, lalu saling berhadapan disisi jendela rumah masing-masing dan mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita tersebut. Jika mereka saling menyukai, mereka akan menjadi pasangan. Selain itu ada juga acara unik yang dilakukan dengan api unggun.  Para wanita yang ditinggalkan akan membakar foto pasangan mereka dan meneriakkan makiannya.
Di negeri ini juga ada tradisi mengirimkan kartu yang disebut cartes damities kartu-kartu ucapan yang dikirim berisi pesan-pesan yang indah untuk pasangan mereka masing-masing.

Perayaan hari Valentine di Jerman
Dalam merayakan hari Valentine, di Jerman terdapat sebuah tradisi yang rutin dilakukan. Pria muda dalam menunjukkan kasih sayang mereka terhadapa pasangannya dilakukan dengan cara mengirim bunga di hari valentine. Bunga yang dikirim biasanya juga disertai dengan kartu yang berisi kata-kata indah.
Pria-pria Jerman juga memberikan bunga mawar, cokelat dan lain-lainnya sebagai hadiah valentine untuk pasangannya.

Perayaan hari Valentine Skotlandia
Di Skotlandia perayaan hari valentine dilakukan dengan sebuah festival. Di festival ini dihadiri sejumlah remaja pria dan wanita lajang, di mana masing-masing dari mereka menuliskan nama di kertas kecil, lalu menggulungnya. Kertas itu dikumpulkan di dua topi, satu untuk pria dan satu untuk wanita, dan tiap orang mengambil satu-satu. Setelah menemukan pasangan, semua diminta tetap pada pasangan yang telah didapat, meski mungkin mereka tidak merasa cocok

Perayaan hari Valentine di Italia
Di Italia, hari valentine dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi yang digelar di tempat terbuka. Kaum muda khususnya pria berkumpul di lapangan berbunga dan mendengarkan musik serta membacaan puisi. Lalu mereka berjalan-jalan dengan pasangan mereka di taman tersebut.
Di Turin, salah satu kota di Italia terdapat sebuah tradisi di mana pasangan yang bertunangan mengumumkan pertunangan mereka di hari valentine.

Perayaan hari Valentine di Spanyol
Di Spanyol tradisi perayaan Valentine berupa bertukar hadiah. Para pria salang berukar hadiah dengan pasangannya.

Perayaan hari valentine di Jepang, Korea dan Taiwan
Valentine di Jepang menjadi salah satu yang terunik, Dalam setahun, valentine dirayakan sebanyak dua kali. Tepatnya pada 14 Februari atau valentine’s day, dan 14 Maret, yaitu white day. Pada Valentine tanggal 14 Februari, wanita Jepang memberi coklat hon-mei dan giri-choco yang mereka buat sendiri kepada pria. Lalu di white day tanggal 14 Maret, para pria Jepang membalas coklat yang mereka terima pada valentine tanggal 14 Februari dengan kado atau coklat yang berwarna serba putih.

Perayaan hari Valentine di Afrika Selatan
Di Afrika Selatan, sebuah festifal selalu dirayakan setiap tahunnya untuk memperingati hari Valentine. Remaja wanita dan cowok akan menuliskan nama kekasih mereka di lengan baju yang mereka pakai. Lalu hari Valentine disana biasanya juga dihabiskan untuk berkunjung ke taman suaka marga satwa atau cagar alam bersama keluarga dan teman.

Pesan saya :
“Semoga ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman untuk merayakan Valentine bersama kekasih (bagi yang merayakannya). Jika bosan dengan perayaan Valentine di negara kita,  tiada salahnya mencoba berbagai perayaan Valentine di negara-negara tersebut. hahaha.”

Sumber :
http://pengetahuanituindah.blogspot.com/2011/02/tradisi-hari-valentine-di-berbagai.html
http://www.bloggembel.com/10-kota-romantis-untuk-merayakan-hari-valentine.html

Indra Prasetyo

16-02-12

Satu Tanggapan to “TRADISI PERAYAAN VALENTINE DI BEBERAPA NEGARA DI DUNIA”

  1. Penulispro 16 Februari 2015 pada 2:42 PM #

    Tanggal 14 Feruari merupakan hari Valentine. Hari kasih sayang ini sontak dirayakan oleh banyak orang di dunia. Setidaknya ada 5 tradisi unik yang dilakukan di berbagai Negara ketika merayakan Valentine Days. Apa saja? Cek yuuuk http://penulispro.com/5-tradisi-valentine-unik-di-seluruh-dunia/21519/

Tinggalkan jejak anda pernah berkunjung

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: