BUKIT PASIR DI DARATAN EROPA

2 Mar

Sesuatu yang tidak biasa memang begitu menarik jika kita gali lebih dalam lagi. Kita akan menemukan berbagai kenyataan yang sebelumnya mungkin tidak pernah kita bayangkan. termasuk sebuah informasi yang akan saya berikan berikut ini.

Kali ini Indrasnotes akan memberikan informasi tentang bukit pasir/padang pasir yang tak biasa. Seperti kita ketahui bersama, bukit pasir kebanyakan terletak di daerah Timur Tengah hingga wilayah Afrika, tapi siapa sangka ternyata di dataran Eropa ada padangpasir yang tidak kalah menakjubkannyadenganpadangpasir yang ada di Timur Tengah.

The Great Dune of Pyla (atau Pilat) yang dalam bahasa Perancisnya  la Dune du Pyla, adalah bukit pasir tertinggi di Eropa. Bukit ini berlokasi di La Teste-de-Buch di area Teluk Arcachon Bay, Perancis, 60 km dari Bordeaux. Pyla adalah nama dari kota terdekat, Pyla-sur-Mer, yang merupakan bagian kotamadya La Teste-de-Buch di bagianGironde. Dengan ketinggian yang mencapai 107 meter dan membentang sepanjang 3 km serta lebar 500 meter menjadikan bukit pasir ini yang tertinggi di Eropa. Selain letaknya yang tidak biasa, yakni di Eropa, yang menjadi daya tarik lain dari bukit pasir ini adalah bukit pasir ini seolah tumbuh. Kenapa tumbuh? Karena bukit pasir ini terus bergerak kearah daratan dan perlaham semakin meluas hingga menutupi rumah dan jalan yang ada disekitarnya. Angin dari Samudera Atlantik yang berhembus di Prancis bagian barat bertiup permanen ke sebelah timur. Selama ribuan tahun menghembuskan dan menerbangkan pasir di pantainya dan perlahan bertumpuk karena terperangkap oleh suatu semak belukar di daratan sehingga terbentuklah bukit pasir ini. Pergerakan bukit pasir ini sebenarnya tidak stabil, terkadang cepat dan terkadang juga lambat, dengan rata-rata perpindahannya sepanjang 4,9 meter per tahun. 

Karena keindahannya, bukit pasir Pyla di Perancis ini juga dimanfaatkan sebagai tempat yang cocok untuk menghabiskan hari libur anda. Disana anda bisa berenang, bermain paralayang, atau hanya sekedar memanjakan mata dan bersantai. Untuk mencapai tempat ini, dari Bordeux anda bisa menaiki kereta hingga Archacon dan menyewa sepeda hingga ke tempat ini sambil melihat keindahan alam. Karena keunikannya, bukit pasir pyla dinyatakan sebagai situs warisan nasiolan pada tahun 1978.

FOTO-FOTO : 

http://www.google.co.id/imgres?q=sejarah+bukit+pasir+pyla&um=1&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=477&tbs=isz:l&tbm=isch&tbnid=ljUhHd1awJOr4M:&imgrefurl=http://adhitama97.wordpress.com/2012/02/08/1

http://www.google.co.id/imgres?q=sejarah+bukit+pasir+pyla&um=1&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=477&tbs=isz:l&tbm=isch&tbnid=KSWGaPY9dkguOM:&imgrefurl=http://www.wikinfo.org/index.php/Dune&docid=VKemQycvuMpsAM&imgurl=http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/15/DunePyla2.jpg&w=1280&h=960&ei=cPpQT6nxDs2zrAeb3_XdDQ&zoom=1

http://www.google.co.id/imgres?q=sejarah+bukit+pasir+pyla&um=1&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=477&tbs=isz:l&tbm=isch&tbnid=Booph7hzRe_TkM:&imgrefurl=http://mei-diena.blogspot.com/2011/10/10-tempat-terunik-aneh-di-dunia.html&docid=u6hndGml715bJM&imgurl=http://1.bp.blogspot.com/-1v9qXRAcEVY/Tq1RiDpUixI/AAAAAAAAAGY/upAZSXSWx50/s1600/7.JPG&w=1028&h=772&ei=cPpQT6nxDs2zrAeb3_XdDQ&zoom=1

Bagaimana? Indahkan? Mungkin ini bisa menjadi informasi tambahan sebagai referensi tempat liburan pilihan untuk anda semua.

SUMBER :
http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/07/17/1088/2/Pemandangan-Indah-dari-Bukit-Pasir-Pyla

Dianawati, Ajen. 2011. 600++ Fakta Misteri Ter…di Dunia.  Jakarta : Wahyumedia. 

Tinggalkan jejak anda pernah berkunjung

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: