PAMERAN FILATELI DUNIA AKAN DISELENGGARAKAN DI JAKARTA TANGGAL 18 JUNI-24 JUNI 2012

7 Apr

 

Memiliki hobi seperti olahraga, memelihara binatang paliharaan dan bernyanyi serta menari mungkin menjadi beberapa hobi yang sudah biasa. Namun bagaimana dengan hobi yang satu ini? Ya. “Filateli (koleksi perangko) dan numismatik (koleksi uang)”. Hobi yang satu ini merupakan salah satu hobi unik yang belum banyak diminati banyak orang, dan saya termasuk salah satu dari mereka yang mencintai dunia filateli dan numusmatik. Namun kali ini Indra’s Notes akan membahas seputar Filateli.

Filatelis adalah sebuah hobi unik yang memfokuskan diri pada benda-benda pos, khususnya perangko. Dizaman modern seperti sekarang ini, sudah jarang terlihat orang-orang mengirim pesan lewat surat, sebagian dari kita lebih memilih lewat SMS ataupun lewat e-mail, denan alasan mudah dan cepat. Seiring perkembangan zaman, surat yang biasa kita tulis dalam secarik kertas kini mulai tergantikan dengan surat elektronik. Perangko merupakan bagian yang tidak mungkin terlupakan ketika kita mengirim surat, namun kini, setelah posisi surat tergantikan dengan e-mail, SMS dll, perangko kini jarang pula kita temui. Kemudian, para filatelis (sebutan untuk orang yang mengkoleksi  perangko) lah yang berusaha mengumpulkan serpihan-serpihan kenangan dari surat yang biasa kita tulis dahulu dengan mengumpulkan perangko dari seluruh dunia. Namun tidak banyak dari kita yang tertarik dengan hobi yang satu ini, sebagian orang berendapat “buat apa mengumpulkan perangko? Tidak ada gunanya!” tapi bagi saya sebagai seorang filatelis dan numismatis, kita bisa mempelajari sejarah dengan sebuah perangko dan uang, kita bisa melihat bagaimana gambaran keadaan dimasa lalu ketika perangko-perangko dan uang-uang tersebut dipakai dahulu. Dengan mengetahui hal tersebut, saya dan filatelis/numismatis lainnya menemukan sebuah kesenangan tersendiri yang begitu luar biasa.

Tapi kini, kabar gembira datang untuk para filatelis dunia, khususnya filatelis Indonesia. Karena, di tahun 2012 ini akan diselenggarakan pameran filatelis dunia di Jakarta pada bulan Juni yang akan datang. Indonesia akan menjadi tuan rumah acara internasional ini untuk membangkitkan kembali minat para filatelis dunia agar tetap melestarikan hobi yang satu ini. Acara ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Indonesia pada tanggal 18 Juni-hingga 24 Juni mendatang dengan nama acara “INDONESIA 2012”.

Kegiatan pameran ini akan diikuti oleh 70 Federasi Filateli di dunia serta akan diramaikan pula oleh 100 stamp dealer dari dalam dan luar negeri. Saat ini 62 Federasi dari seluruh dunia sudah menyatakan akan turut serta. 22 di antaranya berasal dari China, Jepang, dan Australia; 29 federasi dari Eropa terdiri Inggris, Perancis, dan Jerman; 11 federasi dari Amerika, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Brasil; serta 3 federasi dari Afrika, yakni Afrika Selatan, Mesir, dan Kongo.

Pameran yang mengusung tema “Jembatan Menuju Dunia yang Damai Melalui Prangko (Bridging To the World of Peace Throught Stamp) bertujuan untuk meningkatkan persahabatan antara filatelis dunia sebagai salah satu andil untuk menciptakan perdamaian dunia, memajukan perfilatelian dalam berbagai aspek serta untuk membangkitkan kehidupan perfilatelian di tanah air. Selain itu penyelanggaraan kegiatan tersebut juga sekaligus untuk merayakan HUT Kota Jakarta yang ke-485, memperingati Hari lahirnya Pancasila yang ke-67 serta menyambut HUT Proklamasi RI yang ke-67.

Jadi, bagi para filatelis dunia, jangan lewatkan kesempatan langka yang satu ini. Datang dan ramaikanlah acara yang dilaksanakan di Jakarta, Indonesia ini. Bagi yang belum tertarik dengan dunia filatelis, mungkin dengan datang dan menyaksikan acara ini kalian bisa ikut merasakan bagaimana kenikmatan menjadi seorang filatelis.

Mungkin cukup sekian informasi dari Indra’s Notes. Semoga bisa menambah wawasan dan inspirasi untuk kalian semua. Terima Kasih

Indra Prasetyo

07-04-12

 

Sumber :

http://filatelisindonesia.wordpress.com/berita-filateli/indonesia-2012-pameran-filateli-dunia/

http://www.facebook.com/note.php?note_id=272122306162616

 

 

Tinggalkan jejak anda pernah berkunjung

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: