CERITA SEJARAH DIBALIK ANIME “RUROUNI KENSHIN” (SAMURAI X)

16 Jan

PENDAHULUAN dulu…

Pada dasarnya, semua hal di dunia ini pasti memiliki sesuatu yang negative dan positif yang terkandung di dalamnya. Diciptakannya sesuatu hal pasti memiliki maksud dan tujuan tertentu yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya, namun banyak hal luar biasa yang dapat diketahui jika kita mengetahui apa yang terkandung dalam “sesuatu” (maksud dan tujuan dari diciptakannya suatu hal, sisi positif dan negative suatu hal, dll) tersebut. Memang diperlukan ketelitian untuk bisa menetahui semua hal yang tersembunyi tersebut, atau mungkin lebih dari sekedar rasa ingin tahu berlebih untuk mengetahui semua hal yang tersembunyi tersebut.

Ada banyak cara orang-orang dalam menyampaikan sesuatu hal, baik itu hal yang baik atau yang buruk sekalipun. Mungkin beum banyak orang yang bisa mengetahui hal-hal tersembunyi tersebut dan akan sedikit merasa tercengang jika mengethauinya. Pada kesempatan kali ini indrasnotes akan sedikit membahas, mengupas, atau membuka hal-hal tersembunyi di balik suatu hal. Hal yang akan dibahas disini adalah mengenai ANIME Jepang, lebih terfokus pada Anime rurouni kenshin, dan akan sama-sama kita bahas cerita dibalik anime ini yang sedik banyak menyangkut sejarah dan kisah nyata masa lalu di jepang.

Anime Rurouni kenshin adalah anime yang berceritakan tentang kehidupan samurai yang sebagaimana kita ketahui bersama bahwa samurai memang lekat dengan budaya jepang. Jika menonton anime rurouni kenshin, mungkin kita akan melihat bagaimana aksi-aksi yang luar biasa dilakukan oleh para tokoh-tokohnya yang hampir tidak bisa dilakukan pada dunia nyata. Ya, memang anime banyak mengandung unsur fiksi yang hampir tidak ada dan tidak bisa terjadi di dunia nyata, termasuk dalam anime ini. Namun, terkadang, pengarang sedikit banyak berusaha menggabungkan unsur fiksi yang menjadi unsur dominan dengan hal-hal nyata yang pernah terjadi di dunia nyata sebagai sisi lainnya. Inilah salah satu sisi menarik dari anime jika kita membahasnya.

Dalam hal ini, kita akan membahas salh satu dari sisi tersebut, sisi nyata dari salah satu anime, yakni Rurouni kenshin yang ternyata diadopsi dari kisah nyata yang ada di jepang pada masa lalu.

 

TOKOH KENSHIN HIMURA

Kenshin dan tokoh sejarah

kenshi asli baru

Tokoh utama dalam anime ini bernama Kenshin Himura yang memang merupakan tokoh fiksi hasil karangan penciptanya, namun dibalik sosok kenshin ini ternyata banyak hal yang diambil dari kisah nyata dan diterapkan sebagai latar belakangnya. Cerita kenshin yang seorang pemberontak revolusi di era meiji ternyata memang benar ada, namun tokoh tersebut memiliki nama yang berbeda dengan kenshin, yakni bernama Kawakami Genzai.

Kawakami Gensai lahir di Kumamoto pada 25 Desember 1834 – 13 Januari 1872 (Wikipedia). Ia adalah seorang pemberontak pada masa revolusi jepang di era meiji. Namanya begitu dikenal pada masa itu karena berhasil membunuh pemikir jepang bernama Shakuma Shouzan. Sakuma memiliki pemikiran bahwa jepang harus membuka diri dari pengaruh asing khsusnya barat. Hal ini lah yang menjadikan dirinya sebagai sasaran pemberontak bagi gerakan radikal termasuk Kawakami Genzai dan membunuhnya. Setelah membunuh shakuma shouzan, kawakami genzai dimasukan kedalam penjara dan akhirnya dibebaskan setelah masa restorasi meiji. Namun ternyata era baru dari pemerintahan meiji setuju dengan konsep dan pandangan dari shakuma, bahwa untuk maju jepang harus membuka diri dari pengaruh asing dan mempelajari teknologi-teknologi asing, namun tetap berjiwa jepang. hal inilah yang membuat kawagami genzai menentang habis-habisan pemerintahan meiji, Kawagumi pun menjadi sosok penganggu yang menjadi momok bagi pemerintahan meiji, sebelum akhirnya pada tahun ke 4 meiji atau tepatnya 1871 masehi dia ditangkap dan dipenggal mati. 

Perawakan Genzai hampir sama seperti Kensih yang kita kenal, bertubuh kecil, dan berambut panjang. Seringkali orang salah mengira dia adalah wanita. Pada masa itu ia dikenal sebagai salah satu dari 4 Hitokiri (pembunuh berdarah dingin) yang sangat ditakuti di jepang, persis seperti Kensih Himura. AHUAHUAHUAH

 

Jurus pedang Kenshin dan ilmu pedang Gensai

jurus jurus lagi

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa dalam anime rurouni kenshin, tokoh kenshin digambarkan sebagai ahli pedang dengan jurus andalannya Hitten Mitsurugi Ryu. Nah, ternyata, jurus tersebut ternyata juga diadopsi dari ilmu pedang tokoh adopsinya gensai dengan aliran yang dinamai Shiranui Ryu yang diciptakannya sendiri. Jurus pedangnya sangat unik: seperti yang digambarkan pada tokoh Kenshin, ilmu pedan ini digambarkan dengan kaki kanan diarahkan ke depan, lutut agak sedikit dilenturkan, sementara kaki kiri di tekuk dengan lutut menyentuh tanah/lantain dengan sekali tebasan.

Pendapat lain menyebutkan jurus kenshin terilhami oleh keahlian permainan pedang seorang tokoh di dunia nyata bernama Matsubayashi Henyasai. Dia adalahseorang samurai dengan kemampuan akrobatik yang hidup di era Tokugawa.

 

Pedang sakabatou kenshin = Sakabatou Shinuchi dalam sejarah

pedang

Dalam anime tersebut, diceritakan bahwa kenshin sebagai seorang samurai memiliki pedangn dengan mata terbalik, atau bagian tajam pedang yang seharusnya diluar, namun pada pedang yang dimilikinya berada di dalam, sehingga secara teori pedang tersebut dalam penggunaan normal tidak bisa untuk membunuh. Menurut salah satu sumber, Nobuhiro Watsuki pengarang Rurouni Kenshin mengatakan bahwa dalam sejarah Jepang pedang yang dipakai Kenshin ini memang benar-benar pernah ada dan dipakai salah seorang samurai, namun tindrasnotes belum tahu pasti bagaimana, siapa, dimana pedang tersebut digunakan. 

bersambung…

 

SUMBER

http://japanesemusicid.com/theyre-real-tokoh-anime-manga-yang-benar-benar-ada/

dan sumber-sumber lainnya.

2 Tanggapan to “CERITA SEJARAH DIBALIK ANIME “RUROUNI KENSHIN” (SAMURAI X)”

  1. Alamanda 21 Januari 2015 pada 11:27 PM #

    Ini salah satu anime yang ane suka gan, kita bisa ambil cerita sejarah Jepang zaman restorasi meiji lewat film ini. Nice info gan, ternyata karakternya nyata ^^

    • indrasnotes 23 Januari 2015 pada 9:12 PM #

      semoga bermanfaat!!

      mari saling berbagi info ^^

      -Indrasnotes-

Tinggalkan jejak anda pernah berkunjung

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: